Jawa Timur Jember

Pemandangan Pantai Papuma Jember Jawa Timur Yang Mempesona

Pemandangan Pantai Papuma Jember Jawa Timur Yang Menawan, – Jember ialah salah satu kota yang ada di Jawa Timur. Meskipun kota ini kecil,tetapi siapa sangka ternyata mempunyai banyak pantai eksotis yang dilarang terlupakan. Baru-gres ini pantai Papuma yaitu salah satu pantai yang semakin populer karena sering dijadikan selaku tujuan favorit turis untuk berlibur. Pantai Papuma ini disebut juga sebagai pantai Putih Malikan. Berikut sedikit berita seputar Pantai Papuma Jember Jawa Timur Yang mempunyai panorama yang sungguh Menawan

Wisata Pantai Papuma Jember Jawa Timur Yang Menawan

Pemandangan Pantai Papuma Jember Jawa Timur Yang Menawan Pemandangan Pantai Papuma Jember Jawa Timur Yang Menawan


Pemandangan Pantai Papuma Jember Jawa Timur Yang Menawan Pemandangan Pantai Papuma Jember Jawa Timur Yang Menawan

Lokasi Wisata Pantai Papuma

Pantai Papuma berjarak sekitar 45 km dengan sentra kota Jember. Lokasi pantai ini berada tepatnya di desa Lojejer, masuk dalam daerah kecamatan Wuluhan, Jember, Jawa Timur.

Akses Wisata Pantai Papuma

Apabila Anda berasal dari luar Jawa Timur, maka mampu memakai jasa maskapai penerbangan atau kereta api. Bagi Anda yang pergi beramai-ramai dengan teman, direkomendasikan untuk menyewa kendaraan beroda empat eksklusif dari kota Surabaya, alasannya Pantai Papuma tidak mampu diakses dengan transportasi lazim. Mobilnya juga mesti memiliki tampilan prima alasannya adalah medan menuju pantai ini cukup curam dan tidak dianjurkan untuk menggunakan kendaraan beroda empat sedan.

Terlebih dulu hadirin mesti tiba di kota Surabaya. Dari Surabaya, Anda bisa mengambil rute ke arah kota Sidoarjo dan ikuti terus isyarat jalan menuju ke arah kota Pasuruan. Kemudian, dari Pasuruan, Anda ambil rute ke kota Probolinggo – Lumajang – Jember.

Read More :  Daerah Rekreasi Green Bay Yang Eksotis Di Banyuwangi

Sesampainya di kota Jember, Anda pilih rute ke arah utara Jln. Kartini – Jln. Gatot Subroto – Jln. Jendral Ahmad Yani – Jln. Nasional III – lalau belok kiri ke Jln Otto Iskandar Dinata – Jln. Semeru – Jln. Argopuro – Jln. Kawi – Jln. Jember Ambulu – Jln. Kopral Suetomo – Jln. Raya Suyitman – Jln Ambulu – Watulo. Terakhir, Anda tinggal mengikuti isyarat yang ada untuk bisa hingga di pantai Papuma.

Fasilitas Wisata Pantai Papuma

Pengunjung diusulkan untuk bermalam semalam sebab perjalanan ke pantai Papuma dari kota Jember cukup memakan waktu usang. Beberapa penginapan dan cottage sudah disediakan pihak pengelola dan harganya cukup terjangkau, yaitu sekitar 150.000 sampai 450.000 rupiah. Ada juga hotel yang menawarkan akomodasi kamar yang cukup lengkap dengan kamar mandi dalam dan TV. Harganya sekitar Rp 70.000 hingga Rp 100.000 per orang. Apabila ingin akomodasi kamar yang dilengkapi AC, maka biaya yang dikenakan sekitar 120.000 rupiah ke atas. Fasilitas lain yang disediakan pihak pengurus adalah mushola, kamar mandi, dan warung-warung makan yang menawarkan bermacam-macam menu seafood.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Papuma

Harga tiket masuk pantai Papuma telah ditetapkan sesuai Surat Keputusan Administratur Perum Perhutani KPH Jember yakni 5.000 rupiah untuk hari biasa dan pada hari libur 7.000 rupiah.
Kendaraan yang masuk area pantai juga dikenakan biaya, yakni 2.000 rupiah untuk kendaraan roda dua, 4.000 rupiah untuk roda empat dan 6.000 rupiah untuk kendaraan yang jumlah rodanya lebih dari empat.

Read More :  Belajar Sejarah Dan Rekreasi Kuliner Di Inggil Museum Resto Malang

Mitos di Pantai Papuma Jember Jawa Timur

Pantai Papuma menyimpan cerita mistis yang hingga sekarang masih diandalkan oleh masyarakat luas. Dibalik keindahannya, dongeng mistis yang beredar di penduduk yakni :

1. Ombak di pantai selatan sering menyantap korban. Pantai Papuma termasuk dalam rangkaian pantai selatan yang mempunyai gulungan ombak besar dan ganas, sehingga banyak turis hanyut tertelan ombak.

2. Batu Malikan yang ialah salah satu batu raksasa di pantai ini dipercaya sebagai kawasan Raden Mursada untuk memancing. Dan di atas watu tersebut, Raden Mursada tak sengaja memancing ikan aneh yang ternyata Raja Mina dan kemudian beliau lepaskan. Selain itu, di batu ini juga konon kail Joko Samudera tersebut tersangkut ular raksasa yang kemudian dibelahnya menjadi tiga bab.

Keindahan Pantai Papuma 

Sebelum memasuki tempat Pantai Papuma, hadirin disuguhi dengan panorama hutan jati, hutan jati ini ialah jalan utama untuk masuk menuju pantai ini. Hutan tersebut berjulukan Hutan Maliki yang masih memiliki kekayaan fauna dan tanaman khas Indonesia. Pihak pengurus sudah menyedikan jalan khusus bagi wisatawan untuk menuju pantai Papuma, sehingga tidak butuhtakut melalui jalan di hutan ini.

Pantai Papuma diketahui juga dengan nama pantai Tanjung Papuma karena posisi daratannya menjorok ke maritim menyerupai tanjung. Pemandangan pantai Papuma sungguh indah dengan hidangan perpaduan antara pasir putih dan batu karang yang menyebar di tepi pantai.

Tujuh karang besar yang menjulang di pantai menjadi ciri khas dari pantai Papuma. Ukurannya yang besar membuat karang-karang itu menyerupai sebuah pulau. Ketujuh karang mempunyai nama masing-masing yakni pulau Kresna, pulau Batara Guru, pulau Narada, pulau Nusa Barong, dan pulau Kajang serta pulau Kodok alasannya adalah bentuknya mirip kodok.

Read More :  Taman Nasional Baluran Dengan Panorama Eksotis Ala Afrika

Ketika ombak mulai surut, hadirin bisa mencicipi sensasi bangkit di atas kerikil karang dan terpaan angin yang menyentuh tampang. Namun, tetap mesti waspada alasannya watu karangnya berangasan dan terjal, sehingga Anda mampu terluka jikalau tidak hati-hati. Kemudian, ketika laut surut Anda juga dapat menyaksikan ikan yang berkejaran secara lincah di bawah karang.

Air maritim di pantai ini cukup hening, sehingga nelayan banyak yang berlabuh untuk beristirahat dan turun dari kapal sekitar pukul 11.00 hingga 13.00 siang. Selain itu, lazimnya para nelayan juga membawa ikan hasil tangkapan yang bisa Anda beli untuk dibakar langsung di tepi pantai bersama teman-teman. Anda bisa juga membawa ikan-ikan tersebut ke warung-warung yang ada di sekeliling pantai untuk dimasak.

Tempat rekreasi ini merupakan lokasi yang sangat cocok dihadiri para fotografer sebab mampu mengabadikan foto landscape dari kokohnya karang-karang yang menjulang di pantai. Tidak cuma itu, mampu juga menjadi lokasi foto prewedding karena banyaknya spot yang menawan. Demikian tadi sedikit informasi berkaitan dengan Pemandangan Pantai Papuma Jember Jawa Timur Yang Menawan. Semoga mampu membatu anda yang berencana berkunjung ke sana
Baca juga : 10 Pantai Eksotis di Jawa Timur

Post Comment