Featured Post

Karangan Non Fiksi Terdiri dari Dua Macam Yaitu ?

Karangan Non Fiksi Terdiri dari Dua Macam Yaitu – Non Fiksi merupakan sebuah cerita atau klarifikasi yang bersifat informatif atas kebenaran dan akurasi dari peristiwa, orang atau informasi yang disajikan. Pengarang non fiksi harus bertanggung jawab atas kebenaran atau akurasi informasi meskipun hanya itikad baik.

 

Non fiksi sendiri dapat disajikan secara obyektif ataupun subyektif. Hal tersebut mengacu pada sebuah narasi yang terdapat pada prosa. Di dalam cerita non fiksi mengandung beberapa informasi yang nyata atau informasi yang benar-benar terjadi di kehidupan nyata seseorang.

 

 

Unsur dari cerita non fiksi lebih condong kepada sebuah informasi dan pengetahuan yang bersifat diagram, materi, tabel, fakta dan lain sebagainya. Berbeda dengan ciri ciri fiksi yang berupa imajinasi atau khayalan, ciri ciri non fiksi sendiri lebih bersifat kebenaran yang nyata.

 

Cerita non fiksi memiliki beberapa macam jenis mulai dari berita, feature, laporan atau reportase dan lain sebagainya. Non fiksi sendiri, memiliki 2 pembagian, lantas apa saja jenis ringkasan tersebut ? untuk lebih jelasnya mengenai hal tersebut, maka simaklah ulasan berikut ini.

Read More :  Mengenal Lebih Jauh Tari Poco Poco : Sejarah dan Perkembangannya

 

Karangan Non Fiksi Terdiri dari Dua Macam Yaitu

 

Karangan Non Fiksi Terdiri dari Dua Macam Yaitu

 

Sesuai judul artikel di atas, berikut ini akan menyajikan informasi mengenai karangan non fiksi terdiri dari dua macam yaitu ? jenis non fiksi sendiri yaitu berita, feature, laporan dan lain sebagainya. Namun yang di maksud yaitu jenis karang non fiksi, kalau berita, feature, laporan dan lainnya itu merupakan jenis karya sastra non fiksi. Masih belum mengerti, yuk simak ulasan di bawah ini untuk lebih jelasnya.

 

Karangan non fiksi terdiri dari dua macam yaitu

 

Karangan atau ringkasan non fiksi terdiri dari dua macam yaitu karangan non fiksi murni dan kreatif.

 

Non fiksi murni adalah sebuah buku yang berisi tentang pengembangan berdasarkan dari sebuah fakta atau data-data otentik atau nyata. Sebagai contohnya yaitu seperti Skripsi, Karya Ilmiah, Laporan, Makalah, Tesis, Desertasi, Artikel dan lain sebagainya.

 

Sedangkan, Non fiksi kreatif merupakan ringkasan yang berawal dari data-data otentik dan dikembangkan berdasarkan imajinasi. Sebagai contohnya yaitu seperti Puisi, Frosa, Novel, Sejarah Singkat, Memoar, Artikel Jurnalistik da lain sebagainya.

Read More :  6 Cara Membudidayakan Tanaman Buah Pala Untuk Pemula

 

Perlu kalian ketahui, bahwa jenis karangan dan jenis karya sastra itu berbeda. Jenis karang itu lebih mengacu pada pada sebuah fakta, realita atau hal yang benar-benar terjadi. Sedangkan jenis karya sastra non fiksi itu lebih mengacu pada sebuah ringkasan yang dibuat berdasarkan fakta atau peristiwa yang benar-benar terjadi. Kesimpulannya karangan merupakan struktur pembuatan karya sastra, sedangkan karya sastra hasil dari karangan bukan fiksi itu sendiri.

 

Itulah informasi yang dapat sampaikan. Semoga informasi di atas bermanfaat dan menambah wawasan anda semuanya. Mohon maaf apabila ada kesalahan informasi.

Post Comment