Sektor Perhotelan Saudi Menawarkan Kesempatan Menguntungkan

0
226
Lobby Hotel
Lobby Hotel

Arab Saudi membutuhkan lebih dari 48.000 kamar hotel tambahan untuk mengakomodasi meningkatnya jumlah wisatawan domestik dan asing, diperkirakan mencapai sekitar 140 juta pada tahun 2020, menurut Komisi Saudi untuk Pariwisata dan National Heritage (SCTH).

“Ini menawarkan kesempatan emas bagi sektor swasta untuk berinvestasi di industri perhotelan” kata seorang pejabat SCTH.

“Komisi mengharapkan 128 juta wisatawan domestik dan 13,1 juta wisatawan asing, terutama dari negara-negara Teluk dan Arab, pada tahun 2020,” kata pejabat itu.

Pengeluaran wisatawan domestik diperkirakan akan meningkat dari SR50 miliar ke SR78 miliar pada periode yang sama. Belanja wisatawan asing akan melompat dari SR12 miliar menjadi SR23 miliar. “Akibatnya pendapatan pariwisata Kerajaan akan meningkat dari SR63 miliar ke SR101 miliar dengan belanja turis yang menghabiskan 807.000.000 malam di negara itu pada tahun 2020,” katanya.

Sebagai bagian dari program reformasi Visi 2030, Arab Saudi berniat untuk mengembangkan 1.300 pulau – 1.150 di Laut Merah dan 150 di Teluk Arab – melalui investasi publik dan swasta besar untuk mengeksploitasi potensi pariwisata yang luar biasa mereka.

“Pulau-pulau ini memiliki potensi wisata yang fantastis,” kata pejabat itu. “Mereka kaya dengan terumbu karang, pantai berpasir, daerah pegunungan dan hijau. Wisatawan dapat terlibat dalam trekking, memancing, menyelam, berperahu dan mandi di pulau-pulau ini di semua musim tahun ini, “jelasnya.

Visi 2030 menekankan bahwa lokasi wisata akan dikembangkan sesuai dengan standar internasional dan pemerintah akan memfasilitasi penerbitan visa untuk calon pengunjung dan wisatawan.

SCTH telah mengidentifikasi 75 pulau untuk investasi pariwisata. Dipercaya bahwa Jabal Al-Laith pulau dekat Al-Laith Kerajaan Saudi bisa menarik sejumlah besar haji dan umrah.

“Jabal Al-Laith adalah pulau utama di daerah tersebut dan ada 12 pulau-pulau kecil dan semua terletak sekitar 11,5 mil laut dari kota Al-Laith,” kata pejabat itu.

Tersebar di area seluas 4 kilometer persegi pulau ini dikenal untuk perairan yang bersih, berbagai jenis ikan langka, terumbu karang dan pemandangan alam yang mempesona.

“SCTH telah berupaya untuk mengembangkan pulau untuk tujuan pariwisata bekerjasama dengan lima kementerian dan empat otoritas umum,” kata pejabat itu. Mereka termasuk kementerian interior, asing, keuangan, urusan kota dan pedesaan dan sumber daya minyak bumi dan mineral.

Pihak berwenang yang terlibat dalam proses pembangunan adalah: Kepresidenan Meteorologi dan Lingkungan, General Intelligence, Saudi Wildlife Authority dan Survei Geologi Saudi.

Program pembangunan pariwisata nasional bertujuan untuk meningkatkan lapangan pekerjaan bagi warga Saudi dari saat ini 600.000 pekerjaan yang tersedia di sektor ini. Saat ini hanya 10 sampai 15 persen dari mereka yang di isi oleh warga Saudi.

Visi ini bertujuan untuk menciptakan 1,5 juta lapangan kerja langsung dan tidak langsung di sektor ini pada tahun 2020.

Sektor pariwisata telah menjadi pendorong utama investasi dan pertumbuhan ekonomi di dunia, memompa $ 7.800 Milyar pada akhir 2015, yang menyumbang 10 persen dari PDB global.

print

LEAVE A REPLY